Fri. Jun 18th, 2021

Di sekitar kita, ada beraneka ragam kejadian alam yang tidak dapat kita prediksi. Namun, tidak bisa diprediksi bukan berarti tidak dapat diatasi. Salah satu bentuk kejadian alamiah yang terjadi disekitar kita adalah serangan rayap. Hewan rayap mungkin sudah familiar terdengar di telinga anda. Apalagi saat ini tidak sedikit yang menjadi korban rayap. Rayap menyerang keutuhan bangunan dan properti rumah berbahan kayu. Rayap akan melakukan serangan pada kondisi yang memang memungkinkannya untuk masuk ke dalam rumah tersebut. Kondisi-kondisi tersebut adalah kondisi dimana rumah dalam keadaan lembab, kotor, dan tak terawat.

Rayap sangat menyukai lingkungan yang kotor dan lembab. Kondisi kotor dan lembab akan memunculkan aroma selulosa yang berasal dari kayu dalam bangunan tersebut. Untuk itu, sangat penting bagi anda menjaga kebersihan dan pola hidup sehat sehingga bangunan rumah juga akan terjaga dengan baik dari resiko serangan rayap. Serangan rayap tidak bisa diabaikan. Semakin dibiarkan, rayap akan semakin membuat kerusakan besar pada bangunan dan perabotan anda. Karenanya, ketika anda sudah melihat tanda-tanda serangan rayap, maka segeralah melakukan tindakan pemberantasan secara menyeluruh. Salah satunya adalah dengan memanggil jasa anti rayap Depok yang merupakan cabang jasa Fumida.

Pemanggilan jasa anti rayap ini bisa anda lakukan ketika kondisi serangan sudah sangat parah dalam rumah anda. Di lain sisi, anda tetap bisa melakukan tindakan pencegahan dengan menjaga pola hidup dalam rumah dengan baik. Nah, untuk anda yang ingin melakukan langkah pencegahan ini, maka berikut di bawah ini beberapa saran pola hidup yang baik untuk mencegah datangnya serangan rayap :

  1. Menjaga perpipaan dalam rumah

Mungkin masih banyak orang yang lalai pada bagian perpipaan dalam rumah ini. Padahal, perpipaan yang rusak akan sangat berpengaruh pada kondisi lingkungan rumah. Jika ada sedikit saja pipa yang bocor, maka hal ini akan membawa resiko pada kelembaban lingkungan rumah. Alhasil, kondisi ini akan mengundang koloni rayap untuk semakin betah berdatangan ke rumah.

  1. Menjaga kebersihan rumah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, rayap teramat suka dengan kondisi rumah yang kotor. Kondisi rumah yang kotor akan mempermudah jalannya rayap sampai ke rumah, lantas koloni rayap akan menciptakan sarangnya sendiri di rumah anda. Sangat mengerikan bukan?

  1. Seringlah menjemur benda-benda yang memang ringan dijemur

Perabotan rumah yang memang memungkinkan untuk diangkat, sebaiknya secara rutin anda jemur. Selain dapat meminimalisir kedatangan rayap, menjemur perabotan rumah juga dapat membunuh kuman-kuman dan bakteri yang dapat mengundang penyakit.

  1. Menutup semua jalan yang memungkinkan rayap untuk masuk

Rayap memang bisa masuk dari arah mana saja. Namun, rayap akan lebih suka masuk melalui jalan-jalan kecil akibat kebocoran. Entah itu kebocoran pipa, maupun kebocoran saluran lainnya yang bersifat lembab. Termasuk adanya banyak genangan di rumah. Genangan di area rumah, akan memungkinkan jalannya rayap masuk ke area rumah dengan mudah.

  1. Cek kondisi rumah dalam beberapa bulan sekali

Pengecekan bangunan rumah ini bisa anda lakukan dalam kurun waktu beberapa bulan sekali, tidak harus setiap hari. Hal ini dilakukan, agar tiap ada kerusakan pada rumah anda bisa secara langsung melakukan perbaikan.

Beberapa trik di atas bisa mulai anda biasakan dari sekarang. Menjaga lingkungan untuk mencegah datangnya rayap, akan jauh lebih baik daripada harus mengobati rayap yang sudah terlanjur melakukan serangannya pada bagian rumah anda. Biasakan hidup terpola dengan baik, agar rayap makin enggan bersarang di rumah anda.