Thu. Jan 21st, 2021

Service mobil adalah bentuk dari perawatan wajib yang harus anda lakukan jika tidak mau mobil mahal dan kesayangan anda mengalami kerusakan.

Banyak orang yang mengabaikan waktu service ini hasilnya mobil mereka akan rusak parah seperti turun mesin, overheating dan biaya nya tentu saja sangatlah mahal.

Dalam banyak panduan tentu saja beberapa hal ini akan menjadi patokan dasar anda dalam melakukan pengecekan kendaraan berbagai jenis baik itu untuk kebutuhan service toyota, honda dan yang lain.

Kita akan bahas komponen apa saja yang menjadi bagian inti dalam proses pengecekan sebuah mobil untuk memastikan kondisi mesinya tetap dalam performa terbaik.

Bagian Penting ketika Service Mobil yang harus dicek antara lain:

Kondisi Ban Mobil

Semua komponen mobil memiliki masa pakai maksimal. Salah satunya adalah memeriksa kondisi ban mobil anda, apakah suah aus atau masih bagus. Ban mobil baru idealnya dari masa pemakaian sendiri maksimal 5 tahun, namun indikator lain juga bisa anda cek dari kondisi fisik ban mobil anda.

Dua indikator ini menjadi tolak ukur dalam melihat kondisi ban mobil apakah sudah saatnya diganti atau belum.

Dan semua pengemudi di wajibkan bisa melakukan proses penggantian ban mobil ini, karena dikhawatirkan di tengah perjalanan ban rusak dan anda bisa mengganti dengan ban serp, sediakan kunci pas pembuka ban sudah selesai.

Pengecekan Fuse Box

Kondisi fuse box pada mobil memang juga harus perlu anda lakukan pengecekan secara rutin. Kondisi fuse box yang mulai bermasalah akan ditandai dengan kondisi lampu, kemudian radio, pada mobil tidak bekerja dengan normal.

Jikapun anda mengalami kesulitan dalam hal ini, kami sarankan anda bisa gunakan atau manfaatkan fasilitas toyota home servis bagi yang menggunakan mobil toyota.

Karena memang dimasa pandemi ini banyak sekali pengguna mobil sangat di bantu dengan adanya layanan service di rumah jadi anda akan didatangi oleh montir profesional tentu saja.

Jangan Lupa Prikasa Kondisi Oli Mobil

Memastikan kondisi oli mobil tetap terjaga dalam warna dan volume yang normal adalah tugas utama kita sebagai bagaian penting dari perawatan mobil dalam jangka panjang.

Peran oli sendiri dalam mobil sangat penting dalam menjaga kinerja semua part penting seperti mesin dan part kecil lainya tetap bekerja secara maksimal.

Kondisi oli yang sudah tidak layak pakai apalagi sampai habis akan membuat mobil anda overheating, kemudian busi bisa jadi terbakar, kemudian cepat panas dan kalua dibiarkan tersu menerur akan menyebabkan mobil anda rusak.

Jika anda tidak yakin akan hasil dari pemeriksaan sendiri jangan sungkan segera ke bengkel toyota, honda, suzuki untuk memastikan kondisi oli mesin anda.

Jangan sampai ada kejadian parah baru deh anda ke bengkel karena ini berkaitan dengan bajed juga sebenarnya.

Sederhana saja, ganti oli tidak sampai kok 500 ribu, sedangkan kalau tidak diganti padahal sudah tidak layak pakai maka bisa merusak komponen mesin lainya dan harga perbaikanya bisa jadi sampai puluhan juta apalagi kalau sampai turun mesin.

Cek Kondisi AKI

Aki mobil adalah bagian inti dari proses pengapaian dan klistrikan sebuah mobil sehingga bisa melaju dengan baik.

Mengecek aki mobil ini sederhana anda bisa perhatikan bagian batas normal dari air aki pada mobil anda tinggal anda buka dan lihat tandanya ada kok disana. Ada batas normalnya, kalau sudah mendekati garis mau habis maka segera isi lagi.

Cek Radiator

Selain itu radiator juga menjadi salah satu komponen yang harus mendapatkan perhatian, anda harus cek kondisi airnya kemudian ganti dengan yang baru dimana kami sarankan jangan gunakan air biasa atau air sumur karena bisa jadi ada partikel yang akan masuk ke bagian mesin anda.

Air radiator terbaik saat ini anda bisa gunakan coolant. Dari ssisi waktu ganti sendiri normalnya memang anda harus ganti per 20km perjalanan mobil anda, atau bisa lakukan pengecekan secara manual.

Cek Kondisi Busi Mobil

Busi mobil ada 4 jumlahnya, satu saja bermasalah maka akan membuat perfroma mobil anda tidak maksimal. Masalah busi sendiri biasanya sudah jelek, kemudian bisa juga terbakar dimana akan menyebabkan mobil tidak bisa di starter atau hidup.

Secara tehnis penggantian busi idealnya per 45Km perjalanan mobil. Tapi, kalau anda membeli mobil bekas ini menjadi masalah karena tidak tahu riwayatnya, maka untuk memastikan semuanya dalam kondisi baik anda harus tetap melakukan proses checkup di bengkel resmi.